RIZKY MANDALA
Minggu, 23 Maret 2014

Q:

Mau Sidang Skripsi

Pak Andrie, sebentar lagi saya akan menjadi sidang skripsi. Masalah saya terletak pada mental dan cara bicara saya yang kaku, tidak jelas, serta nervous jika sedang presentasi di depan umum. Bagaiman caranya Pak. agar penyakit mental ini dapat hilang dan saya dapat melaksanakan sidang serta lulus dengan baik?

AW:

Kuncinya adalah persiapan. Kaku, gagap, nervous, bicara kurang lancar biasanya akibat dari mentalitas yang kurang siap. Maka, perkuat kemampuan Anda, belajar sungguh-sungguh, kuasai materi hingga benar-benar matang, niscaya percaya diri akan muncul, sehingga kegugupan saat presentasi bisa lebih mudah diatasi.

SYAUQI AHMAD
Rabu, 19 Maret 2014

Q:

Menjadi Pemimpin yang Disukai

Salam luar biasa dari saya, Pak Andrie Wongso! Bagaimana caranya menjadi pemimpin yang disukai oleh orang banyak, termasuk anak buahnya sendiri? Karena kok biasanya seseorang pemimpin kurang disukai ya.

AW:

Kunci utama menjadi pemimpin yang baik adalah dengan memberikan teladan kepada yang dipimpin. Dengan contoh nyata, Anda bisa lebih mudah mengarahkan anak buah. Perlu dipahami, untuk disukai atau tidak sebenarnya adalah pilihan seseorang. Kita tidak bisa memaksakan. Tetapi, jika memang yang Anda contohkan adalah hal yang baik bagi perusahaan, lalu diperkuat juga dengan komunikasi dua arah yang intens, niscaya rasa suka atau tidak suka itu hanyalah bagian kecil dari sukses tidaknya seseorang memimpin.

 

NN
Kamis, 13 Maret 2014

Q:

Lanjut atau Berhenti?

Pak Andrie, dalam waktu dekat, saya akan menikah. Akan tetapi hubungan saya dan pasangan sedang kurang baik. Bahkan pasangan pernah berkata, sejak dia tahu kekurangan saya, dia merasa tidak cocok dengan saya. Mohon bimbingan, Pak.

AW:

Hubungan pernikahan adalah hubungan sakral untuk menjadikan dua manusia berbeda menjalin sinergi dalam kehidupannya. Jika ada perbedaan, itu hal yang biasa. Kalau pun ada perselisihan, itu juga sangat manusiawi. Namun, jika memang sedari awal sebelum menikah sudah ada friksi yang tak bisa disinergikan, jangan dipaksakan. Jauh lebih baik berpisah sebelum disatukan pada ikatan suci pernikahan dibanding harus bercerai saat keduanya disatukan. Namun, ada baiknya, coba komunikasikan, apa yang terbaik untuk kalian berdua. Apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga tak ada penyesalan datang di kemudian hari.

FEBRIAN
Selasa, 11 Maret 2014

Q:

Cara Hidup yang Baik

Saya ingin tahu sudut pandang Bapak mengenai cara hidup yang baik. Karena menurut saya, manusia sekarang kebanyakan hidup hanya sekadar hidup. Hidup hanya untuk bekerja dan uang, Bangun pagi, pulang malam. Hampir semua orang melakukan rutinitas tersebut selama 365 hari. Mereka beralasan, kebutuhan ekonomi membuat mereka bekerja terus bekerja tanpa berani berpikir untuk hal yang lain—bahkan tak berani liburan.

AW:

Menurut saya hidup yang baik adalah hidup yang penuh tanggung jawab. Kita harus tahu dulu tujuan hidup kita mau apa, hendak bagaimana, ingin seperti apa. Dari sana, kita menetapkan target yang harus dicapai dan kemudian diperjuangkan dengan penuh tanggung jawab. Maka, jika memang tujuannya adalah ingin memperbaiki ekonomi, bekerja keras penuh tanggung jawab adalah sebuah pilihan yang baik.

Tentu, standarnya berbeda-beda bagi tiap orang. Untuk yang hobi bekerja, bahkan kerja keras sudah dianggap sebagai liburan. Namun, bagi orang lain, pilihannya pun akan lain-lain. Selain itu, jangan lupa juga menjaga keseimbangan dalam hidup. Sebab, sebagai makhluk sosial kita tak bisa lepas dari hubungan dengan orang lain. Di sini, porsi keseimbangan untuk bersosialisasi juga punya porsi masing-masing sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dengan cara tersebut, hidup akan lebih baik, karena di satu sisi selalu berada pada rel yang telah ditetapkan, dan di sisi lain tidak melupakan nilai keseimbangan yang dibutuhkan.

VIKA
Jumat, 7 Maret 2014

Q:

Menciptakan Atmosfer yang Baik

Bagaimana cara menciptakan suasana yang baik dalam suatu organisasi?

AW:

Kuncinya adalah leadership. Jika Anda seorang pemimpin maka bantu, dukung, dan kembangkan rekan-rekan Anda dalam organisasi. Selain itu, juga harus bisa menjadi teladan. Jadilah seorang pemimpin yang memiliki semangat tinggi juga rendah hati. Dengan pendekatan berdasar contoh nyata, mengedepankan komunikasi bersama, maka organisasi akan solid dan saling dukung satu sama lain.

JUANDY
Selasa, 18 Februari 2014

Q:

Berhenti Merokok

Saya seorang perokok—sejak usia 14 tahun. Saat ini saya punya niat ingin berhenti merokok, tapi tidak bisa karena berpikiran, “Ngapain berhenti merokok. Kalau mau berhenti, kenapa enggak dari dulu saja sekalian?” Saya tersiksa sekali. Baiknya bagaimana Pak?

AW:

Kalau memang niatnya berhenti, segera hentikan! Jangan dengarkan omongan kiri kanan, termasuk apa yang ada dalam pikiran. Fokus pada niatan untuk berhenti. Tak perlu alasan apa pun untuk berhenti. Yakini saja bahwa berhenti merokok pasti bisa. Tahan godaan-godaan yang datang, jalani hidup baru tanpa rokok sama sekali! 

FRISCA
Senin, 10 Februari 2014

Q:

Apakah Hidup Ini Adil

Pertanyaan saya singkat saja. Menurut Bapak, apakah hidup ini adil? Terima kasih.

AW:

Halo Frisca. Hidup sudah pasti adil. Hanya sudut pandang kita saja yang bisa jadi tidak melihat dari kacamata yang benar, sehingga kesan adil sangat subjektif. Karena keadilan itulah, maka Tuhan pun tak akan mengubah nasib manusia tanpa manusia itu berusaha mengubahnya terlebih dahulu dengan kerja keras dan perjuangan. 

SUPARDI
Senin, 3 Februari 2014

Q:

Mencari Investor

Salam luar biasa Pak! Saya ingin mengembangkan usaha koperasi yang sudah mulai berjalan, tapi kekurangan modal kerja. Saya belum dipercaya bank, sehingga saya ingin cari investor yang mau mendanai usaha ini. Tolong beri saran, bagaimana cara mendapatkan investor yang mau diajak kerja sama bagi hasil. Terima kasih.

AW:

Kerja sama bagi hasil adalah sebuah bentuk kerja sama berdasarkan rasa saling percaya. Karena itu, akan lebih mudah menjalin kerja sama dengan pihak yang sudah mengenal baik Anda. Tunjukkan kepada mereka bahwa usaha Anda memang prospektif, termasuk tunjukkan bukti kinerja yang sudah terlihat dari hasil yang sudah didapat. Dengan prospek masa depan usaha yang baik, akan lebih banyak peluang yang terbuka untuk kemungkinan pihak-pihak lain berinvestasi pada usaha Anda. Namun, pastikan juga bagaimana aturan bagi hasilnya secara jelas di depan, sehingga ke belakang, semua jelas peruntukannya.

PUSPA
Kamis, 30 Januari 2014

Q:

Korupsi Waktu

Pak, bagaimana tentang korupsi waktu yang sering dilakukan di jam kantor? Apakah browsing internet di jam kerja untuk membaca berita atau artikel motivasi di jam kerja—dengan catatan pekerjaan kita sudah beres atau di kantor memang sedang tidak ada tugas—termasuk korupsi waktu juga?

AW:

Korupsi waktu adalah menggunakan waktu yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Jika pekerjaan memang sudah beres dan Anda browsing untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang bisa menunjang prestasi di kantor, saya rasa itu malah bagus untuk kemajuan karier Anda. 

DIAN
Selasa, 28 Januari 2014

Q:

Dukungan Orangtua

Pak Andrie, saya minta pendapat dan saran Bapak. Saya memiliki passion di dunia broadcasting, khususnya penyiar radio. Namun, orangtua kurang mendukung saya. Menurut Ibu, saya harus fokus kuliah (pendidikan guru, sesuai pilihan orangtua). Terpaksalah saya mundur seleksi UKM radio di kampus, padahal saya menjadi peserta terbaik. Lalu belum lama ini, saya mengikuti kegiatan konferensi pemuda seluruh Indonesia dan lolos hingga babak akhir. Sayang, tempatnya ada di Jakarta. Saya mengundurkan diri lagi karena tidak mendapat restu orangtua. Apakah saya termasuk orang yang tidak bersyukur? Apa yang harus saya lakukan?

AW:

Orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun memang, kadang pilihan hidup kita berbeda dengan harapan mereka. Coba komunikasikan lebih intens tentang pilihan hidup Anda. Namun, di sisi lain, selesaikan tanggung jawab Anda terlebih dahulu sebagai bentuk rasa syukur Anda terhadap dukungan orangtua yang telah menyekolahkan hingga pendidikan tinggi. Dengan pendekatan yang intens, sekaligus menunjukkan bahwa pilihan Anda adalah pilihan yang juga punya “masa depan cerah”, akan ada jalan yang lebih terbuka untuk menunjukkan eksistensi pilihan hidup Anda.

AJUKAN PERTANYAAN KEPADA ANDRIE WONGSO
Nama
Email
Subjek
Pertanyaan
Nama
Email


  • KREATIF
  • ENERGIK
  • DINAMIS

Hidup ini adalah sebuah karunia yang perlu kita sambut dengan kreativitas tinggi, energi yang besar, dan sikap penuh dinamis setiap waktu. Di bidang apa pun, yang menjadi pemenang adalah mereka yang kreatif, penuh energi, dan dinamis. Karena itulah, kami menetapkan “Kreatif, Energik, dan Dinamis” sebagai slogan ANDRIEWONGSO.COM

- KREATIF -
Ia adalah sumber inovasi. Yaitu sesuatu yang baru, bermanfaat, dan dapat diaplikasikan.

- ENERGIK -
Sesuai hukum alam, hidup itu berarti bergerak, aktif, positif, segar. Kita harus mengkondisikan diri kita untuk selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan ini.

- DINAMIS -
Perubahan adalah sesuatu yang pasti dalam hidup kita. Karena itu, kita harus selalu menyesuaikan diri mengikuti zaman dalam kondisi apa pun.

Dengan “Kreatif, Energik, dan Dinamis”, kami akan selalu menyajikan sesuatu yang baru dan bermanfaat sesuai dengan perkembangan zaman.
CLOSE
KIRIM ARTIKEL

Untuk diketahui bersama ada beberapa pokok yang perlu diperhatikan:
1. Karya sendiri dan bukan jiplakan
2. Bahwa artikel harus bernafaskan motivasi dan pembelajaran sesuai dengan visi dan misi Andriewongso.com
3. Bahwa artikel yang masuk semua harus melalui proses filterisasi (Tidak semua artikel yang masuk pasti ditampilkan)
4. Penjadwalan artikel adalah ditentukan oleh pihak Andriewongso.com dan bukan pihak pengirim artikel.
5. Pilih kategori yang tepat dengan artikel Anda, dan pihak Andriewongso.com berhak untuk mengatur ulang kategori artikel yang akan ditampilkan bila dirasa kurang sesuai.
6. Harap melampirkan foto diri ataupun logo (untuk campus corner) Anda, artikel tanpa foto tidak akan ditampilkan.
7. Isi artikel efektif adalah jangan lebih dari 3000 karakter (Maksimalkan 1 lembar) atau di buat serial.
8. Isi artikel tidak boleh menyinggung soal Suku, Agama maupun Golongan ataupun Etnis tertentu. (SARA)
9. Isi artikel tidak boleh yang berpotensi menimbulkan perselisihan, permusuhan, kebencian, dan sebagainya.
10. Dilarang memasang foto atau gambar-gambar yang tidak senonoh (misalnya yang berbau pornografi atau berbau SARA)
11. Isi artikel tidak diperbolehkan mengandung tujuan IKLAN tanpa seijin pihak Andriewongso.com
CLOSE
KIRIM TESTIMONIAL

CLOSE
KIRIM MOTIVASI

CLOSE