Membangun kekayaan mental manusia Indonesia demi kehidupan yang lebih bernilai.

Siaran Langsung Arsenal yang Pertama di Dunia

22 Januari 1927 adalah kali pertama pertandingan sepakbola disiarkan secara langsung oleh radio. Saat itu BBC melaporkan langsung pertandingan Arsenal melawan Sheffield United di liga utama Inggris.

Sebelumnya pada 1 Januari 1927 British Broadcasting Company Ltd berubah status menjadi British Broadcasting Corporation (BBC) yang dimiliki pemerintah dan merupakan perusahaan nonkomersial. Dua minggu setelahnya, BBC menyiarkan siaran langsung olahraga untuk pertama kalinya, yaitu pertandingan rugby internasional antara tim Inggris melawan Wales.

Tanggal 22 Januari 1927 mencatatkan sejarah baru dengan menyelenggarakan siaran langsung sepakbola Arsenal melawan Sheffield United. Pertandingan berlangsung di kandang Arsenal, Stadion Highburry (sekarang markas Arsenal menjadi Stadion Emirates).

Saat itu komentator yang melaporkan jalannya pertandingan adalah Henry Blythe Thornhill Wakelam yang seminggu sebelumnya menjadi komentator siaran langsung rugby Inggris-Wales. Untuk memudahkan pendengar radio membayangkan bola berada di mana, produser acara radio BBC membagi lapangan bola menjadi delapan sektor yang dimuat di majalah Radio Times. Masing-masing empat sektor berada di daerah pertahanan tiap tim. Sektor 1 dan 2 berada di kiri-kanan gawang sebelah utara, sektor 3, 4 di depannya. Sektor 5,6 wilayah lawan, dan sektor 7,8 di sisi kiri-kanan gawang sebelah selatan.

Namun pada praktiknya, meski dipandu oleh CA Lewis yang menjadi pendamping Wakelam untuk memberi tahu bola berada di sektor berapa, siaran langsung itu masih membingungkan pendengar. Meski begitu cukup menghibur karena bisa melaporkan secara real-time mengenai gol yang tercipta.

Arsenal mencetak gol lebih dulu ketika pemainnya, Charlie Buchan, menyundul bola ke gawang Sheffield yang gagal dihadang kiper lawan, sekitar 10 menit menjelang pertandingan berakhir. Namun Sheffield menyamakan kedudukan melalui kaptennya, Billy Gillespie, hanya berselang beberapa menit. Pertandingan pun berakhir imbang 1-1.

Hasil itu cukup memuaskan kedua tim. Terlebih-lebih pertandingan itu juga menjadi sejarah siaran langsung sepakbola dunia yang bisa dikenang sampai kapan pun.

Spread the love

Leave a Comment