Tips For Health
2789x352-no1

Menangis Itu Boleh Kok…

Menangis 2

Siapa bilang menangis itu dilarang dan tidak ada gunanya?

Kelamaan menangis memang bisa mengakibatkan mata merah dan bengkak. Menangis juga sering disebut sebagai bentuk kelemahan, hingga lebih banyak orang memilih untuk menahan tangis daripada membiarkannya terjadi secara alami. Tapi jangan salah, menangis ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

1.Membuang Racun

Menangis tidak hanya membersihkan mata tapi juga membersihkan tubuh Anda. Para peneliti dari St. Paul-Ramsey Medical Centre mengatakan, saat kita dalam keadaan stres atau berduka, menangis justru membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

 

2. Membunuh bakteri

Air mata mengandung lisozim (cairan yang juga ditemukan dalam susu manusia, sperma, lendir dan air liur) yang berguna untuk membunuh 90-95 persen bakteri dalam tubuh hanya dalam waktu lima sampai sepuluh menit. Lisozim dapat membunuh bakeri tertentu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri.

 

3. Meningkatkan penglihatan

Fungsi dasar air mata adalah untuk membantu penglihatan. Tidak hanya berfungsi sebagai pelumas mata tapi juga untuk mencegah kekeringan pada selaput mata. Ketika selaput mata mengalami kekeringan, penglihatan bisa saja menjadi sedikit kabur. Air mata menyegarkan permukaan mata. Peneliti dari National Eye Institute mengatakan air mata bisa menjaga bola mata agar tetap lembab dan melunturkan debu.

 

4. Mengurangi level manganese

Mangan (Mn) adalah zat mineral dalam tubuh yang dapat mempengaruhi mood negatif. Konsentrasinya ditemukan 30 kali lebih banyak pada air mata daripada dalam serum darah. Menangis dapat membantu memperbaiki mood kita.

 

5. Meredakan stres

Berteriak memang baik dan bisa memberikan rasa lega. Menangis pun dikenal bisa melepaskan hormon stres atau racun dalam tubuh dan sebagai hasilnya yaitu bisa mengurangi ketegangan. Sharon Martin seorang psikoterapis berlisensi di San Jose, California percaya bahwa menangis adalah alternatif sehat untuk membuang hal negatif dalam tubuh Anda. Secara keseluruhan, menangis adalah cara yang aman dan efektif untuk mengatasi stres dan membuang rasa tertekan serta frustasi.

 

6. Memperbaiki Suasana Hati

Sebuah penelitian oleh University of SouthFlorida menemukan menangis dapat menenangkan dan meningkatkan suasana hati lebih baik daripada obat antidepresan apapun. Hampir dari 90 persen suasana hati bisa dipengaruhi oleh air mata. Namun seseorang dengan gangguan kecemasan atau suasana hati yang tak terkontrol, mungkin saja tidak bisa mengalami efek positif dari menangis.

 

7. Meningkatkan komunikasi

Menangis bisa menjadi sarana Anda saat tidak bisa mengungkapkan kata-kata terutama dalam suatu hubungan.  April Masini seorang pakar hubungan mengatakan tangisan adalah reaksi dari seseorang yang memiliki emosi baik ataupun buruk yang harus diluapkan karena hal itu sangat wajar terjadi. Tangisan bisa meredamkan perkelahian, membuang amarah dan membuka dialog dengan orang lain.

 

Menangis

 

Jadi, lain kali jika Anda merasa ingin menangis, maka siapkan tisu dan menangislah! Karena menangis bisa menyehatkan tubuh Anda.

 

2789x352-no2

Your comment

advertise-your-business_4-500x500
luar-biasa-500x500-1
qotd_stars_500x500