Peristiwa Luar Biasa
2789x352-no1

Mengenal Mariam Al Safar, Masinis Perempuan Pertama di Timur Tengah

article-2093749-11865222000005dc-699_634x452

Seperti dilansir Gulf News, saat diwawancarai di tengah tugasnya mengendarai Metro Dubai, Mariam berkata dengan bangganya, "Saya memang suka tantangan dan tidak takut risiko. Saya pekerja keras dan bagi saya pekerjaan adalah prioritas utama saya."

Meskipun Metro Dubai memiliki peralatan serba otomatis dan dioperasikan dari pusat kontrol, kereta ini tetap memerlukan operasi manual untuk perbaikan sistem dan antisipasi kecelakaan. Untuk dapat bekerja secara manual, Mariam selalu memulai dengan membuka sebuah kabinet penyimpan tombol-tombol kontrol kereta dan mengubah sistem kereta ke manual.

Perempuan muda ini menjelaskan bahwa segala persiapan sebelum menjalankan kereta itu sangatlah penting. Proses persiapan itu antara lain mengetes alat komunikasi radio, melaporkan tujuan perjalanan ke pusat kontrol, dan memastikan rute perjalanannya kosong sehingga tidak bertabrakan dengan rute kereta lain. Selain itu, kondisi rem, klakson, dan wiper juga perlu dicek sebelum Mariam mengonfirmasi ke pusat kontrol bahwa kereta sudah sangat siap untuk dijalankan.

Menurut Mariam yang berseragam Metro untuk perempuan UEA (sebuah Abaya yang didesain sesuai dengan pakaian seragam yang sering dipakai para ekspatriat di UEA), menjadi pekerja di kereta api membuat dirinya memahami cara berinteraksi dengan orang dari berbagai negara dan budaya. "Pekerjaan ini juga memampukan saya untuk mengatasi berbagai situasi yang sulit dengan lebih mudah," ujar Mariam.

Mariam bergabung dengan Metro Dubai sejak Maret 2009 sebagai perencana logistik di departemen SDM. Ia lalu dipromosikan sebagai public relation dan marketing executive, hingga menjadi passenger services supervisor sebelum akhirnya menjabat posisi yang sekarang ini.

Salah satu syarat yang tampaknya sulit dalam menjalankan pekerjaannya saat ini adalah bekerja secara shift, karena terkadang jam kerja baru dimulai pada pukul 3 atau 4 pagi. Tapi bagi Mariam sendiri, syarat itu tidak lagi menjadi tantangan begitu ia sudah terbiasa melakukannya.

Memang luar biasa kerja keras seorang Mariam ini. Lebih luar biasa lagi, Mariam juga mendapat dukungan yang besar dari keluarga dan teman-temannya. Saran Mariam kepada skita, "Jalanilah hidup Anda dengan memiliki target atau visi yang jelas. Tetapkan sebuah target dan berjuang keras untuk mencapainya." Itulah moto Mariam yang tetap dipegang dan dijalaninya hingga saat ini.

 

2789x352-no2

Your comment

advertise-your-business_4-500x500
Follow Twitter
qotd_stars_500x500