Profile
2789x352-no1

Jack Ma, From Zero To Hero

jack-ma

From Zero to Hero. Ungkapan tersebut tampak jelas berada pada sosok CEO Alibaba Group, Jack Ma, yang kini telah menjadi salah satu orang terkaya di Tiongkok dan juga dunia. Sebelum sukses seperti sekarang, pria berusia 52 tahun ini ternyata pernah puluhan kali ditolak kerja.

Lucunya, dia pernah melamar kerja di KFC, dari total 24 pelamar, hanya Jack yang tidak diterima. Sementara 23 pelamar lainnya mendapatkan pekerjaan di perusahaan cepat saji tersebut. Sebagai pria muda, dia pernah melamar pekerjaan di 30 perusahaan dan selalu ditolak. Dia tak pernah mendapatkan pekerjaan apapun dari 30 perusahaan yang dilamarnya.

Akhirnya, dia memutuskan menjadi guru bahasa Inggris di Hangzhou Electronics Technology College dan menemukan mimpi besarnya di Amerika.

Bagaimana lika-liku bisnis Jack Ma hingga menjadi miliarder terkaya di dunia? Berikut ulasannya:

Jack Ma tumbuh di lingkungan penduduk yang sederhana di Hangzhou pada 1980-an. Saat itu, Tiongkok baru membuka diri terhadap bangsa barat. Semasa hidupnya, dia harus berhadapan dengan berbagai masalah. Ma ditolak di setiap sekolah, tempat dia ingin belajar. Bahkan sejak sekolah dasar, dia sudah menerima penolakan karena ujian matematikanya yang tak begitu baik.

Tapi Ma bertahan dan melaluinya. Sejak usia 12 hingga 20 tahun, dia mengendarai sepedanya selama 40 menit ke hotel di mana dia dapat belajar bahasa Inggris. Delapan tahun bergaul bersama banyak turis asing benar-benar mengubah cara pandangnya mengenai hidup.

Tanpa berbekal pengetahuan sedikitpun di bidang teknologi dan komputer, Jack Ma ternyata mampu menjadi pendiri retailer online terbesar di Tiongkok, Alibaba Group. Berkat bisnisnya itulah, ia sukses menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia. Alibaba mampu menjadi retailer kelas dunia yang membayangi kejayaan Wal-Mart. Situs alibaba.com pun, merupakan tempat pertama yang menghubungkan para eksportir Tiongkokdengan para pembeli di luar negeri. Perusahaannya juga mampu dengan cepat menarik para investor.

Berkat kegigihannya pula, dua situs Alibaba, Taobao Marketplace dan Tmall.com, kini mendominasi sistem portal pengiriman Tiongkok.

Pada Agustus 2014, menurut Hurun Rich List, Jack Ma sebenarnya telah menyandang gelar sebagai miliarder terkaya di Tiongkok. Hurun Rich List adalah salah satu riset dari lembaga yang kredibel dan akurat dalam memotret kekayaan di Tiongkok, bernama Hurun Research Institute. Kala itu, harta Ma diprediksi akan meroket saat Alibaba melepas saham perdananya di AS. Benar saja, IPO yang digelar Alibaba di bursa saham New York akhir pekan lalu mencetak angka fantastis dan mencetak rekor dunia. Berkat nilai saham yang melonjak hingga 38 persen, harta kekayaan Ma kini bertambah hingga menjadi US$ 26,5 miliar.

Beberapa miliarder lain mengatakan, itu baru permulaan, harga saham Alibaba masih akan terus melesat dan mengucurkan pundi-pundi uang lebih banyak ke kantong Ma. Semangat di diri Ma, telah mengubah pria muda yang ditolak sekolah dan puluhan perusahaan menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

Luar Biasa!

2789x352-no2

Your comment

advertise-your-business_4-500x500
luar-biasa-500x500-1
qotd_stars_500x500