Question & Answer
2789x352-no1

Cara Bijak Mengelola Keuangan

Akhir-akhir ini semuanya serba mahal (bahan pokok) sehingga membuat kepala pusing tujuh keliling.

Sebenarnya yang terjadi sekarang ini, bukan karena kurang pertimbangan, akan tetapi karena naiknya biaya hidup sehingga hitung-hitungan suka meleset. Yang menjadi pertanyaan.. bagaimana mengelola keuangan dalam situasi sekarang ini? Dan strategi apa yang dilakukan sehingga keuangan bisa stabil? Terima kasih!

AW:

Salah satu cara mengelola keuangan yang bijak adalah dengan mengatur pos-pos pengeluaran dengan mendahulukan kebutuhan dibanding keinginan. Misalnya saat hendak membeli barang tertentu, tanyakan, apakah itu adalah kebutuhan wajib yang tak bisa ditunda atau sekadar keinginan semata? Kalau perlu, kita catat semua daftar kebutuhan sebulan sehingga kita tahu persis apa yang bisa dihemat dari semua kebutuhan tersebut. Misalnya, rekreasi keluarga yang dulu sebulan mungkin dua kali, kini dikurangi jadi sebulan sekali.
Namun, jika memang semua penghematan sudah dilakukan dan dirasa masih kurang, maka sudah saatnya kita mencari pendapatan tambahan. Misalnya, dengan berjualan kecil-kecilan di rumah atau via online. Sukses selalu untuk Anda!

2789x352-no2

Your comment

Question Form

Question and Answer Form

Question and Answer Form
Sending
aw-berani
advertise-your-business_4-300x700
advertise-your-business_4-500x500
luar-biasa-500x500-1
qotd_stars_500x500