Audio

Menyelesaikan Masalah

menyelesaikan-masalah Andrie Wongso Jakarta 08/12/2016

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali hanya karena masalah sepele bisa timbul pertengkaran dan permusuhan. Semua berpangkal pada keinginan memuaskan ego atau gengsi manusia yang merasa benar sendiri, mau menang sendiri. Kalau hal tersebut tidak bisa dikendalikan dengan baik, maka akan timbul dampak kelanjutannya berupa lahirnya kebencian, dendam, dan penderitaan yang berkepanjangan.

Sebaliknya, jika kita mampu meredam ego mau menang sendiri dan berinisiatif mengakui kesalahan dan memohon maaf seperti kisah di atas, maka banyak pertengkaran dan permusuhan bisa diredam, dan bahkan dihilangkan dengan segera. Sebagai gantinya, akan lahir kedamaian dan keharmonisan yang seutuhnya, baik di skala kecil seperti dalam keluarga maupun skala yang lebih besar, yakni bermasyarakat, bahkan bernegara.

Sikap mau mengakui kesalahan sendiri memang membutuhkan jiwa besar. Untuk itu, kita butuh belajar dan berlatih di setiap kesempatan. Mengakui kesalahan, mau meminta maaf dengan tulus dan berjanji tidak akan mengulanginya adalah jiwa ksatria yang tinggi nilainya di mata Tuhan. Mari, buka hati, lapangkan jiwa, dan bersihkan pikiran, maka kita akan jadi pribadi yang penuh arti.

Selamat mencoba! Salam sukses luar biasa!

Your comment

advertise-your-business_4-500x500
Follow Twitter
qotd_stars_500x500