Berbagai penelitian kadang saling menguatkan, kadang pula
mematahkan. Namun, justru karena itulah, ilmu pengetahuan selalu berkembang.
Kopi salah satunya. Minuman berkafein ini dalam berbagai penelitian disebut
mengandung unsur yang kurang bagus untuk kesehatan. Tetapi, tak jarang pula
penelitian yang menunjukkan sebaliknya. Salah satunya yang dilakukan sebuah
Institut National Perancis untuk Penelitian Kesehatan dan Kedokteran yang
dipimpin oleh Karen Ritchie.
Penelitian yang dilakukan di Perancis itu menyebutkan bahwa
ternyata, kadar kafein dalam kopi dianggap mampu mencegah kemunduran mental
pada wanita usia lanjut. Mereka melakukan penelitian itu pada kaum wanita
berusia 65 tahun ke atas. Ternyata, ditemukan bahwa wanita yang meminum lebih
dari 3 cangkir kopi sehari dibandingkan dengan wanita yang hanya minum segelas
kopi atau kurang, daya ingatnya lebih kuat.
Orang yang meminum kopi lebih banyak menunjukkan angka lebih
rendah dalam penurunan kualitas mental dalam tes memori yang dilakukan selama
periode empat tahun. Hasil studi yang dipublikasi dalam Jurnal Neurology ini
membuka adanya kemungkinan bahwa kafein bisa melindungi dari terjadinya
kepikunan atau penurunan kualitas mental (dementia). "Ini menghasilkan
kesimpulan bahwa kafein bisa memperlambat terjadinya kepikunan," kata Karen.
Namun, Karen mengingatkan, ia menyebut bahwa hal ini bersifat kemungkinan
karena masih ada banyak faktor yang perlu diteliti lebih lanjut. Karena itu, ia
meminta agar penelitian ini jangan dianggap sebagai sebuah kesimpulan akhir.
Lebih jauh, ia juga menyebutkan, bahwa kemungkinan ini tidak dialami oleh kaum
pria, namun ia belum mengetahui hal apakah yang membuat perbedaan itu.
Sementara itu, Rebecca Wood, Pemilik Pusat Penelitian
Alzheimer (the Alzheimer's Research Trust) menyatakan bahwa kemungkinan faktor
perlindungan dari kafein ini bisa jadi sangat penting. "Studi ini tidak
memberikan kesimpulan bahwa kafein secara nyata bisa menurunkan angka dementia
pada wanita, namun sejak memori kelihatan membaik, itu mungkin bahwa kafein
bisa menurunkannya secara perlahan. Bagaimanapun penelitian secara lebih jauh
dan lama masih dibutuhkan untuk membuat hasil penelitian ini menjadi mapan
secara penuh, tentang apa efek kafein baik pada pria maupun wanita, yakni dalam
hal mengurangi risiko terkena dementia atau memperlambat angka
kemajuannya," ujarnya.
Apapun efeknya, positif maupun negatif, kopi bisa jadi
adalah minuman yang terlanjur dicintai oleh banyak kalangan. Dan, kadang, tiap
orang memang punya dampak atau efek berbeda-beda saat meminumnya. Semua tergantung
pada individunya masing-masing. Bagaimana dengan Anda?
Bagikan ke teman Anda, Share & Be Happy!
|
|
Baca juga artikel lainnya dari Team Andriewongso.com
|
 |
Hari Ini, 47 Tahun yang Lalu
|
 |
Pinggul Besar Mengurangi Risiko Diabetes
|
 |
Hiduplah Saat Ini
|
 |
Kado Lebaran Untuk Indonesia
|
 |
Emas Pertama Bagi Spanyol
|
|
|
| Artikel Selanjutnya : |
 |
Spesies Tikus Raksasa Ditemukan Di Papua
(AW Corner) -
Jumat, 21 Desember 2007
|
 |
Jeans Ramah Lingkungan
(AW Corner) -
Sabtu, 22 Desember 2007
|
 |
Gerakan Mata Pengendali Pointer Mouse
(AW Corner) -
Senin, 24 Desember 2007
|
 |
Materi Pengganti Lampu?
(AW Corner) -
Selasa, 25 Desember 2007
|
 |
Handsfree Bebas Ribut
(AW Corner) -
Rabu, 26 Desember 2007
|
|
| Baca juga artikel sebelumnya : |
 |
Teknologi Sarana Pemutus Hubungan?
(AW Corner) -
Rabu, 19 Desember 2007
|
 |
Email Sampah
(AW Corner) -
Selasa, 18 Desember 2007
|
 |
Superkomputer Mini
(AW Corner) -
Senin, 17 Desember 2007
|
 |
Pembangkit Listrik Alternatif
(AW Corner) -
Minggu, 16 Desember 2007
|
 |
Memory Kapasitas Besar
(AW Corner) -
Sabtu, 15 Desember 2007
|
|
|