Berita / Peristiwa Luar Biasa

Bupati Termuda Indonesia, 26 Tahun

Rabu, 19 Desember 2012

Kasus-kasus yang menyangkut bupati di Indonesia memang beragam. Ada yang masalah pernikahan seperti dialami Bupati Garut Aceng Fikri, atau kasus Bupati Aru Theddy Tengko yang melarikan diri dari kasus hukum korupsi yang dialaminya. Yang satu ini menarik, yaitu bakal calon bupati termuda Indonesia, Makmun Ibnu Fuad.


Makmun memang belum menjabat Bupati Bangkalan, Jawa Timur, tetapi pada Pilkada 12 Desember 2012 ia yang berpasangan dengan Mundir Rofii menang. Hasil rekapitulasi KPU Bangkalan yang diumumkan Senin 17 Desember 2012 menunjukkan bahwa perolehan suaranya lebih dari 93 persen. "Pasangan Makmun-Mundir berhasil meraih dukungan suara sebanyak 505.986 suara atau 93,47 persen," kata Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Djakfar, seperti yang dikutip sejumlah media. Lawan yang mendekati perolehan suaranya adalah pasangan Nizar Zahro-Zulkifli, 34 ribu.

Seperti ditulis Tempo.co, usia Makmun masih 26 tahun, sedangkan bupati Indonesia termuda sebelumnya adalah Bupati Indragiri Hulu, Kepulauan Riau, Yopi Ariyanto, 30 tahun Bupati Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Neneng Hasanah Yasin, 31 tahun, dan Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Zumi Zola, 32 tahun. Makmun baru akan menjabat Maret 2013 nanti.
 

Foto: News.Loveindonesia.com