Berita / Unik

Binatang yang Bisa Bicara

Jumat, 2 November 2012

Belakangan ini dilaporkan sejumlah binatang bisa menirukan kata-kata yang biasa diucapkan manusia. Setelah paus putih, kini gajah Asia bernama Koshik disebutkan bisa menyebutkan beberapa kata dalam bahasa Korea.

Kata yang diucapkannya memang terbatas yaitu “choah” (bagus), “nuo” (berbaring), “aniya” (tidak), “anja” (duduk), dan “Annyong” (halo). “Suara manusia pada dasarnya memiliki dua aspek dasar pengucapan, yaitu pitch dan timbre,” kata Angela Stoeger dari University of Vienna. "Menariknya, Koshik mampu memadukan keduanya dengan benar,” lanjutnya.

Memang, katanya, struktut mulut gajah amat berbeda dengan manusia karena ia memiliki bibir dan belalai. Karena itu ketika mengucapkan kata-kata itu terdengar tak persis sama seperti diucapkan manusia. Namun suaranya bisa dipahami dan berbeda dengan suara gajah pada umumnya.

Beberapa hari lalu, para peneliti di National Marine Mammal Foundation, San Diego, Amerika Serikat, mendengar banyak suara yang muncul dari akuarium paus dan lumba-lumba. Suara tersebut menyerupai dua manusia yang sedang berbincang. Sesudah ditelusuri, suara ini berasal dari paus putih jantan bernama Noc. Noc diketahui punya banyak peluang mendengarkan suara manusia, baik di permukaan mau pun di dalam air bersama para penyelam.

Pernah suatu ketika, seorang penyelam tiba-tiba keluar dari air karena ia mendengar perintah “Out!”. Namun ternyata tak satu pun rekannya yang memanggilkan dari darat. Setelah ditelusuri ternyata suara itu datang dari paus putih itu. Kemampuan ini mengundang para ahli untuk meneliti lebih lanjut.

Beberapa binatang yang dilaporkan bisa menirukan suara manusia antara lain burung, anjing, kucing, dan beberapa binatang lainnya.

 

Foto: BBC