Membangun kekayaan mental manusia Indonesia demi kehidupan yang lebih bernilai.

6 Kiat Kerja Produktif

Kerja keras saja ternyata tak menjamin sukses seseorang. Mengatur penggunaan waktu secara efektif dengan mengubah kebiasaan, akan jauh lebih produktif. Bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Ciptakan rutinitas pagi yang baik
Bangun lebih awal dan sarapan makanan sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang sukses memiliki rutinitas pagi yang sama. Biasanya mereka rutin berolahraga dan mengecek tugas harian mereka. Dari pengecekan ini akan diketahui pekerjaan apa yang harus dikerjakan hari itu.

Anda juga bisa membiasakan diri melakukan pemanasan otak. Menulis 300 kata (satu halaman ketik) setiap pagi sudah bisa menjadi pemanasan otak yang baik. Atau, Anda bisa lakukan kegiatan produktif lain yang tak menyita waktu.

2. Skala prioritas
Apa jadinya kalau kita tidak tahu dari mana kita harus memulai pekerjaan? Ketika hal itu terjadi, hal paling jitu untuk mengatasinya adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian prioritaskan berdasar hal terpenting. Ini akan memangkas waktu terbuang hanya untuk memikirkan hal yang kurang penting.

3. Fokus pada satu hal
Targetkan waktu tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan dan atur silent mode pada semua gadget selama Anda bekerja. Intinya, hilangkan gangguan di sekitar Anda dan fokus pada pekerjaan.

4. Istirahat sejanak
Gunakan kombinasi 25:5 atau 50:10 dalam bekerja dan istirahat, yaitu 25 menit untuk bekerja dan 5 menit untuk istirahat atau 50 menit bekerja dengan 10 menit istirahat. Bisa dengan meditasi sejenak atau peregangan di kursi kerja. Cara ini efektif untuk mengurangi kepenatan dan mengembalikan kesegaran tubuh.

5. Atur waktu secara efektif
Coba gunakan aplikasi untuk menghitung seberapa efektif dan produktif waktu Anda, misalnya dengan bantuan aplikasi di www.rescuetime.com. Dari aplikasi ini Anda bisa menghitung seberapa banyak waktu produktif Anda dan seberapa banyak waktu terbuang.

Anda bisa mengubah waktu terbuang—orang sering kali menyebutnya waktu bebas—menjadi waktu produktif setelah mengetahui kebiasaan melalui aplikasi tersebut.

6. Rayakan dan refleksikan
Rayakan apa yang telah Anda capai. Menyeruput kopi bersama teman atau bahkan hanya minum softdrink di kantor bisa menjadi perayaan dan penghargaan yang cukup menyenangkan. Sistem reward ini akan menjadi motivasi yang luar biasa bagi Anda. Tapi jangan lupa untuk merefleksikan apa yang telah berhasil dan gagal dalam rencana Anda. Keberhasilan dan kegagalan sama-sama penting untuk dijadikan pelajaran.

Mungkin kita bisa berkaca pada kata-kata Bill Gates, “Adalah baik merayakan kesuksesan, tapi lebih penting untuk mengambil pelajaran dari kegagalan.”

Setuju? Salam sukses Luar Biasa!

 

Spread the love

Leave a Comment