Membangun kekayaan mental manusia Indonesia demi kehidupan yang lebih bernilai.

5 Bisnis Khas Indonesia yang Mendunia

Indonesia memiliki 2 kelebihan yang tidak terdapat di negara lain, yakni luasnya wilayah dan kretivitas tinggi masyarakatnya. Sumber daya alam merupakan dasar kemunculan gagasan bisnis khas Indonesia yang dapat menarik perhatian mata warga dunia. Bahan baku sederhana disulap menjadi karya bernilai tinggi oleh tangan dingin anak bangsa.

Nama negara kita mulai diperhitungkan di kancah Internasional dengan produk bisnis yang menunjukkan kulitas kian prima. Lima bidang bidang berikut ialah lini bisnis asli Indonesia yang akrab di telinga masyarakat internasional.

~ Tempe
Olahan fermentasi kacang kedelai berupa tempe memiliki nilai gizi yang tinggi. Rasanya gurih dan lezat, serta cocok di lidah konsumen global, seperti Amerika Serikat, Turki, Jepang dan negara maju lainnya. Tidak ada yang spesial mengenai bahan baku, sama persis dengan yang dilakukan di Indonesia.

Perbedaan terletak pada kemasan dan varian rasa tempe (menyesuaikan selera pasar), serta tempat pemasarannya (lebih baik pasar tradisional atau pasar khas Asia). Yang jelas, kebersihan dan penampilan luar tempe harus bisa menyesuaikan tempat dijual. Cara pengolahan yang praktis akan menjadi nilai tambah.

~ Kain khas
Jenis kain di Indonesia mudah diingat dan dikenali ketika dipakai oleh bintang atau pejabat dari negara lain. Beberapa yang banyak diguanakan ialah tenun, songket dan batik. Tiap daerah memiliki corak yang berbeda-beda, dan bisa dipadu padan. Contohnya kombinasi antara batik daerah Jawa dan Papua. Pemilihan motif batik, warna dan model menghasilkan karya yang sangat menawan. Pemanfaatan kain tidak hanya sebatas untuk pakaian; aksesoris pelengkapnya juga bisa dibuat.

~ Perabot kayu
Bisnis perabot kayu dapat mendunia karena kualitas bahan baku dan ciri aksennya. Jenis yang paling terkenal yaitu kayu jati, karena ketahanan terhadap kelapukan lebih tinggi dibanding jenis lain. Beberapa produsen juga ada yang menggunakan kayu mahoni dan kayu bengkirai.

Habitat jati ialah tanah tandus dengan kadar air yang minim. Lokasi seperti ini sangat mudah ditemukan di Indonesia sehingga cadangan kayu jati masih banyak. Ukiran sebagai pemanis aksen hanya dapat dibuat oleh seseorang yang memiliki keahlian tersebut. Jepaara terkenal dengan detail ukiran yang sangat indah.

~ Perhiasan
Inilah binis yang memadukan sumber daya alam, pengrajin, dan desainer perhiasan. Pasti menghasilkan karya apik berharga tinggi. Emas sebagai bahan utama, ditambah sentuhan batu mulia dan mutiara makin memberi kesan mewah. Harga yang ditawarkan sebanding dengan apa yang pelanggan dapatkan.

Banyak perancang perhiasan asal Indonesia menemukan inspirasi berdasarkan tempat di mana bahan itu diperoleh. Mutiara hitam di perairan Lombok banyak dilirik wisatawan asing karena kelangkaan yang hanya bisa ditemukan di sana.

~ Pengobatan alternatif
Bahan obat herbal nyatanya lebih baik dan terbukti ampuh mengobati berbagai penyakit. Tanaman-tanaman berkhasiat yang hanya dapat tumbuh di iklim tropis membuka peluang bagi pengusaha ekspor Indonesia. Sesampainya di negara pemesan, biasanya bahan mentah diolah dan dikemas secara modern. Praktis dan instan ialah produk yang diminimati masyarakat asing.

Lima besar bisnis khas Indonesia yang telah dipaparkan merupakan tanda bahwa negara ini memiliki potensi untuk berkembang lebih luas. Jangan merasa rendah diri apabila teknologi super canggih belum kita miliki. Perlahan, sumber daya manusia sudah banyak yang menimba ilmu di luar negeri. Kita berharap, ada sumbangsih agar Indonesia bisa semakin bersaing di pasar internasional.

Spread the love

Leave a Comment