Tips For Health
2789x352-no1

10 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

kurma

Kurma merupakan buah khas saat bulan Ramadhan, dijadikan sebagai hidangan saat sahur maupun berbuka puasa. Nilai kandungan gizi pada kurma sangat kompleks, memiliki kandungan gloukosa, fluktosa, air, protein, serat dan sedikit sekali mengandung asam lemak jenuh.

Selain itu kurma juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, C serta berbagai mineral dan asam organik. Banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam buah kurma, bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Pohon kurma, telah dibudidayakan masyarakat Mesopotamia kuno (kini Irak) sejak 4000 tahun Sebelum Masehi dan manfaatnya telah menyebar ke seluruh dunia sejak Abad ke-18. Buah kurma, sejak dahulu sudah dianggap sebagai buah yang dapat menjauhkan masyarakat padang pasir dari berbagai jenis penyakit.

Berikut ini adalah 10 manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh:

  1. Anti Konstipasi: Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, sehingga dapat melancarkan pencernaan, dan menyembuhkan gejala konstipasi (sembelit).
  2. Baik untuk Kesehatan dan Kekuatan Tulang: kandungan mineral yang sangat tinggi seperti selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, menjadikan kurma sebagai “makanan super” untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.
  3. Menyembuhkan Gangguan Usus: kandungan pada kurma dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus, membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis, dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus. Kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan bekerja lebih efisien.
  4. Baik untuk penderita anemia: kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen tepat bagi mereka yang menderita anemia, menyeimbangkan kekurangan zat besi, meningkatkan energi dan tenaga, dan di saat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.
  5. Mengurangi Alergi: Kurma mengandung sulfur organik yang memiliki manfaat kesehatan termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.
  6. Meningkatkan Energi: kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, menjadikan kurma camilan yang sangat baik jika Anda memerlukan tambahan energi dengan cepat.
  7. Ideal bagi Kesehatan Sistem Saraf: kandungan vitamin dan potasium pada kurma menjadikan kurma ideal untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf.
  8. Baik untuk Kesehatan Jantung: Jika kurma direndam semalam, ditumbuk pada pagi hari, lalu dimakan, kurma akan menunjukkan dampak positif pada jantung yang lemah. Kurma yang kaya potasium juga bisa mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Ia mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Jika dikonsumsi 2 kali seminggu buah kurma dapat menjaga kesehatan jantung secara signifikan.
  9. Mengoptimalkan Kerja Otak Anda: kurma mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan kesehatan dan kecepatan berpikir.
  10. Penangkal racun: Dengan memakan 7 butir kurma setiap hari, tubuh kita dapat melawan racun karena kurma memiliki kandungan fitokimia/fitonutrien, serta memiliki zat antioksidan.
2789x352-no2

Your comment

advertise-your-business_4-500x500
luar-biasa-500x500-1
qotd_stars_500x500