Motivasi Umum
2789x352-no1

10 Jenis Kebaikan yang Bisa Kita Lakukan

Young determined businesswoman breaking glass with karate punch

Pada suatu ketika, sebuah rombongan pasukan kerajaan tiba di sebuah desa setelah berperang mengusir tentara musuh yang mencoba menyerang teritorinya. Pasokan makanan mereka habis. Oleh karenanya sang raja meminta pasukannya untuk ke desa terdekat demi mendapatkan gandum dan bahan makanan lainnya.

Beberapa orang tentara kemudian terlihat memasuki desa yang tersebut dan bertemu dengan seorang petani. Komandan bertanya, “Pak petani, bisakah bapak menunjukkan pada kami sawah yang paling besar di desa ini yang siap panen?

Petani tersebut membawa pasukan tersebut ke sebuah sawah yang sangat luas. Sang komandan pun memerintahkan pasukannya, “Potong dan kumpulkan gandum-gandum itu.” Tiba-tiba petani itu berteriak, “Eh tunggu.., tunggu bapak-bapak, mari saya tunjukkan sawah yang lain.”

Para tentara itu akhirnya tiba ke sebuah sawah ukurannya termasuk kecil. Mereka mengambil gandum yang ada di sawah tersebut. Komandan pasukan lantas bertanya kepada petani itu mengapa ia membawa mereka ke sawah yang lebih kecil tersebut. Petani itu menjawab, “Sawah itu milik orang lain. Bagaimana mungkin saya membiarkan kamu merusaknya? Sawah ini adalah sawah saya dan oleh karenanya saya membiarkan bapak mengambil apa yang bapak butuhkan dan saya rela.”

Cerita petani ini sampai kepada raja, yang sangat terkesan. Ia kemudian meminta komandannya untuk menghantarkan sejumlah uang emas untuk mengganti apa yang diambil dari sawah itu, juga sebagai apresiasi atas kebaikan hati si petani.

Dear Readers,

Berkaca dari kisah di atas, dalam kehidupan ini, sedikitnya 10 jenis kebaikan yang bisa kita lakukan.

1. Jangan menyakiti diri Anda. Berbuat baiklah terhadap diri Anda. Jangan menyakiti atau menyiksanya. Ucapakanlah selalu kata-kata positif pada diri anda.

2. Maafkanlah mereka yang bersalah pada diri Anda.

3. Buka mata Anda dan perhatikan orang-orang di sekitar Anda yang butuh pertolongan.

4. Bayar di muka kebaikan seseorang, sebelum orang tersebut memulai kebaikan pada Anda.

5. Selalu senyum pada semua orang. Cemberut juga tidak baik bagi tubuh Anda.

6. Dengarkanlah keluhan orang lain dengan empati sekalipun ada argumentasi yang Anda perlu utarakan untuk mengklarifikasi keluhan orang tersebut.

7. Jangan mengharap apa pun juga ketika Anda memberi kebaikan.

8. Selalu tempatkan diri kita di tempat orang lain di mana Anda berinteraksi.

9. Kasihilah musuh Anda.

10. Balaslah kejahatan dengan kebaikan.

Hidup akan terasa lebih bahagia jika kita bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain. Kindness adalah sebuah bahasa yang mudah dimengerti bagi semua orang sehingga yang tuli pun dapat mendengar dan yang buta pun dapat melihatnya.

No act of kindness, no matter how small, is ever wasted.” (Aesop)

2789x352-no2

Your comment

advertise-your-business_4-500x500
luar-biasa-500x500-1
qotd_stars_500x500